Nahh sebelum instal xampp kita kenalan dulu yuk? XAMPP  merupakan program aplikasi pengembang yang berguna untuk pengembangan website...

Cara Instal Xampp pada PC

Nahh sebelum instal xampp kita kenalan dulu yuk?

XAMPP merupakan program aplikasi pengembang yang berguna untuk pengembangan website berbasis PHP dan MySQL. Software XAMPP dibuat dan dikembangkan oleh Apache Friends. Perangkat lunak komputer ini memiliki kelebihan untuk bisa berperan sebagai server web Apache untuk simulasi pengembangan website.

Fungsi XAMPP sendiri adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri beberapa program antara lain : Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah untuk digunakan yang dapat menampilkan halaman web yang dinamis. Untuk mendownloadnya ada disini




Cara instal xampp

Ikuti langkah berikut dibawah ini:

1. Non-aktifkan anti virus pada pc anda. ini dapat menyebabkan beberapa komponen XAMPP tidak dapat terinstal
2.   Untuk pengguna Windows 7, Anda akan melihat jendela pop up, peringatan tentang User Account Control (UAC) yang aktif pada sistem. Klik “OK” untuk melanjutkan instalasi

3. Mulai proses instalasi dengan klik dua kali pada instaler XAMPP. Lalu klik ‘Next’ pada gambar berikut


4. Di sini, anda dapat memilih komponen yang ingin anda instal. Pilih pilihan default dan klik ‘Next’

5. Pilih folder sebagai tempat XAMPP akan diinstal, di folder ini akan menampung semua file aplikasi web anda, jadi pastikan untuk memilih drive yang memiliki banyak ruang.

6. Layar berikut adalah promo untuk BitNami, sebuah toko aplikasi untuk server perangkat lunak. Jika anda ingin hapus centang kontak ‘Learn more about BitNami for XAMPP’.

7. Sekarang Setup sudah siap untuk menginstall XAMPP. Klik Next dan tunggu instaler untuk membongkar paket-nya dan memasang komponen yang dipilih. Mungkin memakan waktu beberapa menit. Nanti mungkin anda akan diminta untuk menyetujui akses Firewall untuk komponen tertentu (seperti Apache) selama proses instalasi.
8. Proses Install sudah selesai! Centang kotak ‘Do you want to start the Control Panel now?’ untuk membuka panel kontrol XAMPP.

Semoga Bermanfaat

0 komentar: