Internet of thing  adalah sebuah konsep pengiriman data antar  obyek - obyek melalui jaringan internet. Obyek disini bisa apa saja. Bisa bi...

Definisi Internet Of Things

Internet of thing adalah sebuah konsep pengiriman data antar  obyek - obyek melalui jaringan internet. Obyek disini bisa apa saja. Bisa binatang, tumbuh - tumbuhan, benda dan manusia. Agar bisa menerima atau mengirimkan data obyek-obyek ini diberi kemampuan  dengan memasangkan alat -alat tertentu. Alat - alat tersebut adalah berupa barang elektronik, software, sensor, dan instrument agar bisa terhubung atau terkoneksi dengan internet.

IOT sendiri bertujuan untuk memudahkan penggunanya dan memoderinisasi setiap pekerjaan. Dengan bantuan koneksi internet diharapkan dapat mempermudah setiap pekerjaan, baik dari pekerjaan yang mudah hingga pekerjaan yang sulit. 



Ini merupakan pengaplikasian IoT dalam beberapa bidang di lingkungan:
  1. Smart City. Berguna untuk pengaturan kota seperti memonitor lokasi parkir, gedung atau bangunan, dan memonitor kendaraan dan pejalan kaki.
  2. Smart Environment. Umumnya digunakan untuk memonitor dan mendeteksi kebakaran hutan, polusi udara, ketinggian salju dan pendeteksian longsor, gempa, banjir dan tsunami.
  3. Smart Metering and Home Automation. Biasanya digunakan untuk memonitor dan memanajemen energi, tangki air, dan peralatan – peralatan di rumah lainnya.
  4. Security & Emergencies. Digunakan untuk mendeteksi orang pada daerah terlarang atau mendeteksi suspicious human, radiasi, dan juga gas-gas berbahaya.
  5. Logistics. Memonitor lokasi barang pada pengiriman, barang – barang pada tempat penyimpanan dan fleet tracking untuk barang seperti obat, barang berbahaya, uang, dan perhiasan.
  6. Industrial Control. Untuk memonitor setiap sensor pada suatu industri seperti tingkat gas oksigen atau gas berbahaya pada pabrik kimia, mengatur temperatur, tingkat ozon pada pengeringan daging pada perusahaan makanan, dan mengoleksi infomasi dari CanBus untuk membantu pengemudi.
  7. Smart Agriculture and Animal Farming. Umumnya adalah untuk memonitor keadaan tanah pada pertanian, memonitor keadaan hewan dan memonitor tingkat suhu dan kelembapan.
  8. eHealth. Umumnya digunakan untuk deteksi kesehatan seseorang seperti memontior kondisi pasien (detak jantung, tekanan darah, dan pernafasan), memonitor badan saat berolah raga, dan deteksi/asisten untuk orang yang telah tua.

0 komentar: